Sabtu, 26 Mei 2018

149 . SESAMA MUSLIM ITU BERSAUDARA .


Assalamu'alaikum waramatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah SAW. pernah bersabda,

“Orang-orang mukmin itu ibarat satu jasad, apabila satu anggota badan sakit, maka seluruh jasad turut merasakan sakit dengan demam dan tidak dapat tidur.” 

(HR. Muslim)

Wahai saudaraku Allah swt menciptakan manusia itu terbagi menjadi beberapa macam suku bangsa, agama, ras, beraneka warna kulitnya , lelaki wanita .

Allah swt menciptakan manusia itu sebagai makhluk individu sekaligus sebagai mahjkluk sosial .  

Sebagai makhluk individu adalah dengan cara menjalin hubungan antara dirinya dengan Allah swt .

Sebagai makhluk sosial maka antar sesama manusia haus saling berhubungan , atau bersaudara , walaupun berbeda warna kulit, bangsa, ataupun agama.

Akan tetapi dalam hal agama kita harus lebih mengutamakan persaudaraan antar sesama muslim .  

Masyarakat muslim itu ibaratnya satu tubuh . Bila salah satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lainnya juga ikut merasakan sakit .

Untuk itu perlu ditingkatkan hubungan antar sesama saudara muslim . Bukannya saling benar sendiri. Merasa paling benar , paling istimewa, paling terhormat dsb .

Bagaimana mau rukun dengan yang beda agama, dengan yang agamanya sama saya yaitu Islam saling membenarkan kelompoknya , tidak mau rukun dengan yang segama.

Tidak ada yang terbaik dalam Islam itu kecuali hanya mentaati Allah dan rasulNya , bukan mentaati imamnya atau pemimpinnya.

Dia juga manusia, setiap manusia itu pasti akan ada salah dan kelemahannya . Janganlah merasa bangga karena jama'ahnya banyak kemudian merasa bangga .

Apalagi sampai merasa bahwa ajaran yang disampaikannya itu benar, diridoi oleh Allah , buktinya jama'ahnya semakin banyak .

Itu kan pemikiran dirinya sendiri, benar menurut dirinya sendiri, bukan benar menurut Allah dan rasulNya .

Setinggi apapun ilmu anda, seluas apapun wawasan anda, sapandai apapun cara penyampaian anda, bila ada kesombongan dan berbangga diri, walau hanya sebesar zarah dalam hati, maka sia-sialah semua itu .

Untuk mempererat persaudaraan itu maka kita harus aaling tolong menolong , saling mengingatkan , saling memperbaiki, saling menghormati dan menghargai dsb .

Jadi bila antar sesama muslim tidak akur, bermusuhan , saling fitnah hanya karena urusan duniawi , maka mereka bukan muslim . Islam tidak menciptakan yang seperti itu .

Islam itu indah, Islam itu damai, Islam itu agama pilihan Allah langsung . Apapun namanya yang berbau keislaman itu adalah hanya organisasi .

Setiap organisasi pasti p[unya anggota, dan organisasi bisa bergerak atau jalan bila ada dana. Itulah makanya setiap anggota itu diwajibkan mengiur untuk kegiatan organisasi .

Jadi bila ada seseorang ingin menjadi anggota organisasi agar mendapatkan gajih dari organiasi tersebut , maka itu sudah salah besar  .

Marilah kita tingkatkan ukhuwah Islamiah secara murni dan konsekuen dengan meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah dengan mengikuti tuntunan RasulNya agar kita tidak tersesat jalan .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...