Kamis, 31 Mei 2018

158 . DUSTA ADALAH SUATU PERBUATAN YANG SANGAT BURUK.

BERBICARA  DUSTA  AKAN  CELAKA .

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah Saw bersabda,

”Celakalah orang yang berbicara dusta dengan maksud agar membuat orang-orang tertawa, celakalah ia dan kemudian celakalah ia.”

HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Nasa’i

Rasulullah saw bersabda,


”Seseorang yang mengucapkan suatu kalimat dengan maksud agar ditertawakan orang maka sungguh dia telah jatuh ke dalam jurang yang kedalamannya sejauh jarak antara langit dan bumi. Sesungguhnya, lisan yang tergelincir berdampak lebih parah daripada kaki yang tergelincir.”

HR. Al-Khara’ithi

Bagi mereka yang sering membuat tertawa orang lain , apalagi kerjaannya memang itu seperti pelawak dsb , setidaknya mulai berfikir.

Bukan berarti tidak boleh tertawa. Namun tertawanya itu niatnya seperti apa . Dan hanya bisa dilihat di hati manusia .

Yang mampu melihat hati manusia hanya Allah . Untuk itulah kita tidak boleh menghakimi bahwa kerjaan menjadi pelawak itu salah. 

Menghibur orang lain yang sedang sakit agar bisa tertawa . Sebab dengan tertawa setidaknya bisa mengurangi rasa sakitnya .

Namun ada juga tertawa tapi yang isinya merupakan penghinaan ., atau merendahkan orang lain , mencemooh orang lain sehingga orang lain menjadi malu .

Bila tertawanya itu bertujuan untuk keburukan maka hukuman Allah akan berat yaiatu akan dimasukkan ke jurang neraka yang kedalamannya itu sejauh jarat antara langit dan bumi .

Mudah- mudahan setelah kita memahami Hadist ini kita senantiasa berusaha agar bisa melakukan tertawa dan membuat orang lain tertawa tapi dengan tujuan kebaikan yang memang disukai oleh Allah swt.

Semoga ini bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...