Sabtu, 12 Agustus 2017

BERHAJI KE 1

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.





Wahai saudaraku tingkatkanlah ketakwaan kita kepada Allah swt. Takwa merupakan salah satu amal yg bisa menyelamatkan kehidupan seseorang dunia akhirat. 

Dengan takwa seseorang bisa menjadi giat mengerjakan segala perintah Allah . Dengan takwa pula seseorang akan mampu menghindari larangan Allah .

Wahai saudaraku banyak2lah bersyukur kepada Allah swt atas segala nikmatNya yg telah diterimanya. 

Rahmat dan nikmatNya hanya akan Allah berikan kepada orang2 yang banyak bersyukur kepadaNya.  Taufik dan hidayah Allah hanya akan dilimpahkan kepada orang2 yang pandai bersyukur .

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad sawsebagai penghormatan kita kepada beliau .  Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah besarta para malaikat-Nya

Allah swt berfirman di dalam QS Al Hajj [ 22 ] :  27  -  29  yang artinya
Ayat ( 27 )   “ Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh,….”

Lelalui ayat ini Allah memberitahukan kepada kita semua yaitu bila kita sudah diberi rezeki oleh Allah dan mampu untuk melaksanakan haji , maka laksanakanlah ibadah Haji , sebagai  penyempurna rukun Islam yang kelima .

Ibadah Haji dilakukan setahun sekali  yaitu setiap tanggal 9 dan 10 Zulhijah dan Allah kerahkan manusia dari seluruh penjuru dunia untuk mendatangi kota Mekkah , tempat dimana Ka’bah didirikan .
Bagi mereka yang belum mendapatkan giliran melaksanakan ibadah Haji harap bersabar , namun Allah juga memberikan solusi lainnya kepada mereka yang tidak bisa melaksanakan haji ke tanah suci yaitu saat akan tidur di malam hari

1.       Diharuskan mengambil air wudhu untuk bersuci terlebih dahulu ;
2.       Melaksanakan shalat  sunnah  syukril wudhu 2 raka’at ;
3.       Saat berada di tempat tidur membaca surat Al Ikhlas sebanyak tiga kali  ;
4.       Kemudian membaca shalawat atas Nabi Muhammad saw dan keluarganya sebanyak tiga kali  ;
5.       Do’akan muslimin muslimat dan mukminin mukminat sebanyak tiga kali ;
6.       Membaca tasbih lengkap ( Subhanallah , walhamdulillah , wala iilaaha illallaahu wallaahu akbar ) terus jangan berhenti sampai tertidur .

Bagi yang melaksanakan ini, maka Allah akan memberikan pahala kepadanya sama dengan pahala Haji mabrur.

Ayat ( 28 )   “ …. supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir…. “

Melanjutkan penjelasan tentang ibadah Haji. Allah memerintahkan ibadah Haji itu jelas banyak mengandung berbagai manfaat , dan sekaligus untuk ujian kepada mereka yang berbibadah haji.

Bila ibadah Hajinya karena Allah dan hanya untuk Allah, maka itulah yang benar . Namun bila di dalam hati terbesit walau hanya sebesar zarah kepada urusan dunia misalnya memikirkan oleh – oleh , berdarmawisata , maka kualitas ibadah hajinya menurun.

Dari jutaan manusia yang beribadah haji itu, mungkin hanya satu , dua artnya hanya sedikit yang  diniatkan ibadah haji murni , ikhlas karena Allah dan hanya untukNya.

Penilaian kualitas ibadah Haji tidak bisa dinilai oleh manusia , akan tetapi hanya Allah swt  yang tahu .
Misalnya harta yang dieproleh untuk berhaji itu harta yang diperoleh dengan jalan yang halal atau tidak halal. Bila harta itu tidak halal, maka ibadah hajinya gugur.

Dia hanya mendapat sebutan bapak haji dan ibu hajjah saja, akan tetapi di mata Allah mereka dianggap belum berhaji.

Ayat ( 29 )   “ Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran yang ada pada badan mereka dan hendaklah mereka menyempurnakan nazar-nazar mereka dan hendaklah mereka melakukan melakukan thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah)  “.

Melanjutkan penjelasan ayat sebelumnya tentang masalah haji adalah bagi mereka yang akan berhaji hendaknya membersihkan kotoran yang ada pada badan mereka .

Mereka hendaknya banyak bertaubat kepada Allah dan memohon ampunanNya atas segal;a dosa – dosa yang pernah dilakukannya.

Selain itu juga harus memohon maaf kepada sesama manusia , siapa tahu saat melaksanakan hamblum minannas , banyak menyakiti hati orang lain, atau bahkan menzalimi orang lain.

Seandainya ada nazar-nazar atau janji apapun walau nampaknya kecil, maka harus dilaksanakan , dan pada saat sampai di rumah Allah Ka’bah harus melaksanakan thawaf , yaitu berjalan dari Safa ke Marwa dan bermalam di mudzalifah ………

Berlanjut ke HAJI KE 2 ------------à


Subhanakalloohumma wa bihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubuu ilaik …….  

Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...