Jumat, 11 Agustus 2017

CARA MAKAN YANG SEHAT

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Photo

Wahai saudaraku tingkatkanlah ketakwaan kita kepada Allah swt. Takwa merupakan salah satu amal yg bisa menyelamatkan kehidupan seseorang dunia akhirat. 

Dengan takwa seseorang bisa menjadi giat mengerjakan segala perintah Allah . Dengan takwa pula seseorang akan mampu menghindari larangan Allah .

Wahai saudaraku banyak2lah bersyukur kepada Allah swt atas segala nikmatNya yg telah diterimanya. 

Rahmat dan nikmatNya hanya akan Allah berikan kepada orang2 yang banyak bersyukur kepadaNya.  Taufik dan hidayah Allah hanya akan dilimpahkan kepada orang2 yang pandai bersyukur .

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad sawsebagai penghormatan kita kepada beliau .  Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah besarta para malaikat-Nya .

Wahai saudaraku  walaupun kita dalam mencari rezeki itu dengan cara yang halal, dan hasilnya juga halal , namun dalam hal memakan makanan ada yang baik dan ada yang buruk.

Makanan bila dimakan dengan cara yang baik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik  Sebaliknya bila makanan yang dikonsumsi itu terlalu berlebih, maka akan berdampak buruk.

Contoh minum itu baik, tapi bila terlalu berlebihan maka perut akan kembung . Daging kambing itu halal. Namun bila dimakan secara berlebihan akan berdampak darah tinggi .

Bagaimanakah agar makan dan minum itu bisa menyehatkan tubuh  kita ? Mari kita simak Hadist Rasulullah saw berikut ini .

Dari Miqdan bin Ma’dikariba berkata , Rasulullah saw bersabda, “ Tidak ada anak cucu Adam mengisi tempat yang lebih buruk daripada mengisi perutnya .Cukuplah untuk anak cucu Adam beberapa suap yang menegakkan tulang belakangnya . Jika dia harus melakukan ( makan ) maka sepertiga untuk makanannya , sepertiga  untuk menimannya dan sepertiga untuk pernafasannya " .
HR Tirmidzy , Ibnu Majjah dan Ibnu Hibban .

Subhanallah , sampai ke cara makan dan minumpun Rasulullah saw memberikan aturan , agar kita tidak berlebih – lebihan dalam makan dan minum .

Allah swt pun paling tidak suka kepada hambaNya yang selalu hidup berlebih – lebihan dalam segala hal, mulai dari bercakap-cakap, berpakaian, beribadah.

Kenapa sampai dengan beribadah ?  Karena masih banyak orang yang malam harinya beribadah , berdzikir  sampai waktu Subuh,  akan tetapi siangnya lebih banyak digunakan untuk tidur .

Allah swt berfirman di dalam QS Al A’raf [ 7 ] : 31 yaitu ,

“ Wa kuluu wasy rabuu wa laa tusrifuu innahuu laa yuhibbul musrifiina “ 

Yang artinya , “ Makan dan minumlah , tetapi jangan berlebih – lebihan , sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih – lebihan “  QS 7 : 31

Kesimpulan setelah kita membaca firman Allah dan Hadist di atas yaitu :

1 .  Jika kita masih kuat untuk menahan diri, maka makan itu cukup beberapa suap saja , hanya sekedar dapat menjaga kekuatan tubuh dalam menunaikan tugas sehari – hari  ;

2 .  Jika tidak kuta dengan beberapa suap , maka yang paling banyak agar kita mengisi perut dengan ukuran sepertiga untuk makanan , sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi kosong untuk memudahkan pernafasan kita .

Inilah cara makan dan minum yang dijarkan oleh Rasulullah saw , yaitu tidak berlebih -  lebihan namun tetap menyehatkan badan dan tangkas dalam menjalankan tugas sehari – hari .

Semoga uraian ini bermanfaat buat kita semuanya . Aaaaamiin.

Subhanakalloohumma wa bihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubuu ilaik …….  
Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...