Sabtu, 26 Agustus 2017

KETENTUAN MEMELIHARA ANAK YATIM

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim .




Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Barangsiapa yang mau megurus anak – anak yatim diniatkan karena Allah dan mengikuti petunjuk Rasulullah saw , maka dia akan mendapatkan pahala surga dan disejajarkan dengan Nabi saw , kecuali bila dia berlaku zalim  terhadap anak yatim tersebut .

Rasulullah saw bersabda , “  Barangsiapa yang menanggung makan dan minum ( memelihara ) anak yatim dari orang Islam , sampai Allah swt mencukupkan dia, maka Allah mengharuskan dia masuk surge kecuali dia melakukan dosa yang tidak terampunkan .  HR. Tirmidzy .

Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah [ 2 ] :  220  yaitu

 وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْيَتَامَىٰ ۖ قُلْ إِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۖ وَإِن تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ ۚ وَاللَّهُ يَعْلَمُ الْمُفْسِدَ مِنَ الْمُصْلِحِ ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَأَعْنَتَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. QS   2  :   220 

Melalaui ayat ini Allah memberitahukan kepada kita semua tentang masalah anak - anak yati yaitu
Yang dimaksud dengan " Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik "  adalah kita bila memang mampu diharapkan bisa membantu mengurus anak - anak yatim dengan layak .

Yang dimaksud dengan layak adalah uruslah mereka karena amanah Allah, bukan karena mengharapkan sesuai darinya, atau karena alasan tertentu untuk mendapatkan harta bendanya.

Urus dengan baik disinia seperti kita mengurus diri kita sendiri bagaimana diri harus diperlakukan setiap harinya .

Yang dimaksud dengan " jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; " adalah anak-anak yatim juga saudara kita walau bukan masih sedarah , karena mereka dan kita diciptakan sama oleh Allah .

Hargailah anak-anak yatim, hormatilah mereka, perlakukan mereka dengan baik, jangan menzalimi mereka , kasing sayangilah mereka . Perlakukan mereka sebagaimana kita igin diperlakukan.

Yang dimaksud dengan " Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. " adalah apapun yang dilakukan oleh kita terhadap anak - anak yatim Allah tahu segalanya , jangankan yang nampak, niat yang ada dalam hati saja sudah Allah ketahui .

Yang dimaksud dengan   " jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. " adalah bila kita mempersulit anak-anak yatim maka bisa saja Allah membalaskannya secara tiba-tiba terhadap anda, bila memang itu terpaksa harus dilakukan .


Yang dimaksud dengan " Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana "  adalah Allah maha kuat dan perkasa dan dengan kekuatan dan keperkasaannya bisa mengurus anak-anak yatim sesuai dengan kehendakNya bila memang anda tidak mau memelihara mereka .  Selain dari itu dengan kebijaksanaanNya Allah akan mengurusnya dengan adil .

Semoga uraian ini bermanfaat bagi kita semua dan tidak ragu lagi bila kita akan membantu anak - anak yatim sesuai dengan yang Allah dan Rasul-Nya kehendaki . Aaaamiin

Wallaahu a'lam bish shawab.
Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika .

Barakalaahu fiikum
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...