Sabtu, 26 Agustus 2017

RUMAH ALLAH

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim,





Wahai saudaraku jangan jadikan rumahmu seperti kuburan tapi hidupkanlah oleh para penghuninya disamping untuk tempat istirahat, berlindung juga sebagai tempat untuk kegiatan agama . 

Diantaranya adalah untuk shalat berjamaah sekeluarga . Sediakanlah tempat yang cukup untuk sekeluarga. Jangan sampai anda kikir. Makar tidur besar - besar, ruang tamu luas , , ruang keluarga dan dapur pun besar .

Tapi begitu lihat tempat ibadah hanya cukup untuk bertiga saja, seorang imam dan dua makmum. Astaghfirullah, betapa kikirnya anda. Padahal rezeki yang anda peroleh itu , walaupun anda yang bekerja , tapi yang memnentukan dan memberinya adalah Allah swt .

Lebih - lebih bila habis shalat maghrib, kalau bbisa jangan bubar , sambil menunggu waktu Isya, disitulah tempat berbincang , bertukar fikiran, menanyakan berbagai persoalan kehidupan dll.

Bila tidak ada yang dipermalashkan , maka isilah dengan kegiatan kultum, atau membaca Al Qur'an , melajar mengaji dll. Waouw alngkah indahnya , dan malaikat rahmatpun bila memasuki rumah anda, akan merasa betah .

Meski kita sudah lama menjadi Muslim,  Apakah masih malas mendatangi Masjid untuk shalat berjamaah?  

Jika masih malas shalat berjamaah di Masjid,  Renungkan 4 keutamaan yang disebutkan dalam Hadits,  Riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim,  

Pertama; Berlipat Pahala yang didapat.  "Shalat seseorang secara berjamaah (pahalanya) melebihi shalatnya di pasar dan di rumah, dengan (pahala) berlipat lebih dari 20 kali"  

Ujar Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam,  Dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu.  Dalam riwayat lain disebutkan,  Pahala berjamaah setara dengan 25, 26, atau 27 kali,  Dibanding shalat sendirian di rumah atau di pasar.  

Kedua; Berkurang Dosa dan Bertambah Derajat.  Dalam menuju Masjid,  Seorang Muslim terlebih dahulu berwudhu dengan baik,

Dan tidak beraktivitas kecuali untuk shalat. Dalam setiap langkah yang ditempuh,  Ada dosa yang berkurang,  Dan derajat yang bertambah di sisi ALLAH Ta'ala.  

"Ketika melangkah satu langkah, niscaya dinaikkan derajatnya satu tingkatan dan dosanya dikurangi satu bagian karena niat shalatnya".  Lanjut Nabi yang mulia.  

Ketiga; Pahala Shalat Tiada Putus.  Setelah masuk ke dalam Masjid,  Dan menunggu hingga shalat didirikan,  Seorang Muslim akan senantiasa mendapatkan pahala shalat.  "Jika ia telah memasuki Masjid, ia berada dalam (pahala) shalat selama shalat itu menahannya".  Terus Nabi yang agung mengatakan.  

Keempat; Doa Malaikat.  Selama berada dalam majlis shalat di Masjid,  Para Malaikat senantiasa mendoakannya tanpa henti,  Selama orang tersebut,  Tidak mengganggu jamaah lain yang sedang shalat,  Dan tidak berhadats.  

Allahumar-hamhu, Allahummaghfirlahu, Allahumma tub 'alaih.  (Ya ALLAH, Kasihilah ia. Ya ALLAH, Ampunilah dia. Ya ALLAH, Terimalah Taubatnya)

Semoga uraian singkat ini bermanfaat buat kita semua 
Aamiin…..


Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astghfiruka wa atubu ilaika .

Wallaahu a'lam bish shawab
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...