Selasa, 08 Agustus 2017

BERSIHKAN HATI DENGAN CARA BERTAUBAT

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Wahai saudaraku Allah swt berfirman di dalam QS An Nisaa 17 yaitu  “ Innamat taubatu ‘alalloohi lilladziina ya’maluunas suu a bijahaalatin tsumma yatuubuuna min qoriibin fa ulaaaa ika yatuubulloohu ‘alaihim , wa kaa nalloohu ‘aliiman hakiiman  “  

Yang artinya , “   Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.  QS   4 : 17 .  

Wahai saudaraku Allah itu Maha Mengetahui segala sesuatu yang dilakukan oleh kita semua, yang nampak maupun yang tidak nampak, yang besar ataupun kecil, yang disengaja ataupun yang tidak disengaja . 

Dan Dia pun Maha Bijaksana di dalam memutuskan sesuatu terhadap hamba2Nya.  Jadi bila kita merasa telah berbuat kesalahan maka segeralah bertaubat kepadaNya, memohon ampunanNya atas segala kesalahan yang telah dilakukannya, maka hal inilah yang paling Allah sukai. 

Dan Dia sangat membenci orang yang suka menenda-nunda untuk berbuat kebaikan .   “  Innallooha yuhibbut vtawwaabiina wa yuhibbul mutathoohiriin “  

Yang artinya " Sesungguhnya  Allah itu mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang bersuci atau bersih " . QS Al Baqarah  222 .  

Wahai saudaraku  lakukanlah taubat itu dengan taubat yang benar, bukan taubat-taubatan. Hari ini bertaubat lalu esok harinya perbuatan buruknya diulang kembali .  

Syarat taubat yang benar adalah 

1. Menyesalai segala perbuatan buruknya  ; 
2 .  berjanji tidak akan mengulanginya kembali perbuatan buruknya dan 
3. Dengan memperbanyak berbuat amal soleh berbuat kebaikan yang Allah ridoi .  

Dan sebaiknya kita semua melakukan taubat itu setiap malam. Punya salah atau tidak punya salah tetap kita bertaubat kepadaNya. 

Karena bisa jadi apa yang dikerjakan oleh kita, menurut kita sudah benar tapi, menurut Allah itu masih jauh dari kehendakNya . 

Semoga saja kita dapat melakukan taubat dengan benar dan selalu menjaga kebersihan hati kita semua . Aaaaamiin …. 
Subhanakalloohumma wa bihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubuu ilaik …….  
Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  

Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...