Selasa, 22 Agustus 2017

SHALAT BERJAMA'AH

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirranmaanirrahiim .




Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku sebagai umat Islam sudahkah kita melaksanakan shalat wajib yang lima waktu . Bila sudah syukurilah . Karena shalat itu adalah amalan yang paling utama dan terutama.  

Shalat itu adalah do’a dan dzikir yang langsung diterima oleh Allah swt . 

Shalat juga sebagai perisai diri dari segala perbuatan keji dan munkar . 

Shalat juga mendidik kita dalam hal kesabaran  . Dan masih banyak lagi hikmah dan keutamaan shalat wajib yang kita kerjakan setiap hari lima kali . 

Namun sudahkah kita melaksanakan shalat berjamaah ? Bila sudah apakah di rumah sendiri atau di masjid ?

Bila jauh dari masjid berarti tidak shalat berjamaah atau shalatnya masing – masing atau sendiri – sendiri. Kenapa hal itu terjadi ?  

Wahai saudaraku janganlah menjadi manusia yang kikir. Membangun rumah berukuran besar, kamar besar2 , setiap kamar ada kamar madi sendiri. Tapi tempat untuk shalat saja tidak ada sama sekali. 

Kalaupun ada disediakan khusus hanya bisa digunakan untuk shalat sendirian. Inilah yang dinamakan kikir. 

Coba renungkan siapakah yang memberikan rezeki sampai bisa membeli tanah dan membangun rumah tersebut kalau bukan Allah swt.  Lalu mana rasa syukur anda terhadap Allah. 

Wahai saudaraku sungguh sangat besar sekali manfaat shalat berjamaah itu. Janganlah rumah anda itu dijadikan seperti kuburan.  

Sediakan 1 kamar atau ruangan khusus digunakan untuk kegiatan keagamaan. Shalat berjamaah di rumah sendiri dalam satu keluarga itu lebih utama dibandingkan shalat berjamaah di luar rumah sendiri . 

Apalagi bila setelah shalat Maghrib itu diisi dengan kegiatan kultum , baca Al Qur’an  atau yang lainya, 

Tanya jawab dalam soal agama atau tentang kehidupan. Waouwww  sungguh Allah swt akan sangat menyukainya, dan Insya Allah malaikat rahmatpun bila masuk ke rumah itu akan merasa betah . 

Allah swt berfirman  yaitu , 
“ Innal ladziina aamanuu wa’amilush shaalihaati wa aqaamash shalaata wa aa tuzzakaata lahum ajruhum inda rabbihim walaa khaufun ‘alaihim walaahum yahzanuun “  

Yang artinya , “  Sesungguhnya orang – orang beriman dan melakukan amal saleh dan menunaikan zakat , mereka kelak akan mendapat pahala di sisi Tuhan , mereka tidak aka nada kekhawatiran bagi mereka dan tidak ada pula mereka bersedih hati “ .  QS Al Baqarah 277  .  

Rasulullah saw berfsabda, “  Shalaatur rajuli ma’al jamaa’ati khairun min shalaati arba’iina fii baitihi mun faridan “  

Yang artinya , " Shalatnya seseorang secara berjamaah itu lebih baik daripada shalat seseorang di rumah sendirian selama empat puluh tahun “ Al Hadist .  

Wahai setelah emngetahui dari Hadist ini sungguh betapa pentingnya shalat berjamaah itu , pahalanya amat besar apalagi bila itu dilakukan secara istiqamah. Subhanallah. 

Sungguh balasan Allah lebih banyak daripada shalat sendirian di rumah selama empat puluh tahun.  

Semoga setelah membaca uraian ini Allah membukakan mata hati kita yang selama ini masih tertutup, dan mulai sejak saat ini dibiasakan melaksanakan shalat berjamaah apakah di rumah sendiri ataupun di masjid ataupun mushala.  

Barangsiapa yang menghidupkan dan meramaikan rumah Allah ( Masjid, mushala, tajug, surau , langgar ) maka Allah akan hidupkan dirinya dengan berbagai macam kemudahan. Insya Allah .
Aaaaammin

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Wallaahu a’lam bish shawab
Barakallaahu fiikum

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...