Kamis, 10 Agustus 2017

KEUTAMAAN HARI JUM'AT


Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirranmaanirrahiim .





Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Allah swt berfirman di dalam QS Jum’at ayat 9 yaitu ,” Yaa ayyuhal ladziina aamanuu idzaa nuu diya lish shalaati min yaumil jum’ati fas ‘au ilaa dzikrillaahi wa dzarul bai’a dzaalikum khairul lakum in kun tum ta’lamuun “  

Yang artinya , “  Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. “   QS 62 : 9  

Wahai saudaraku melalui ayat ini Allah swt memberitahukan kepada kita semua bahwa bila sudah ada seruan dari Masjid , mendengar suara adzan untuk menunaikan shalat Jum’at, maka segeralah hentikan segala kegiatan duniawinya  sekitar satu jam. 

Manfaatkan waktu itu untuk melakukan kegiatan ibadah kepada Allah. Bahkan sebaiknya sebelum waktu shalat Jum’at tiba kita sudah mempersiapkan diri untuk menunaikan ibadah shalat Jum’at. 

Segeralah berangkat menuju masjid, syukur2 anda bisa menempati shaff terdepan dan dekat dengan imam. Karena hal itu adalah perbuatan yang paling utama.  

Seandainya Allah menyediakan hadiahnya langsung hadiah yang akan diberikan setelah selesai shalat Jum’at maka masjid2 akan depnuhi oleh jama’ah yang akan melaksanakan shalat Jum’at. Dan semuanya berebut ini di barisan shaff terdepan . Namun sayangnya hadiah itu baru akan diberikan bila kita telah meninggal dunia.   

Wahai saudaraku setengah keutamaan hari Jum’at adalah  setiap satu jam di hari Jum’at Allah membebaskan penghuni neraka sebanyak enam ratus ribu orang selama 24 jam. 

Sehingga di setiap hari Jum’at Allah swt  membebaskan makhluknya dari neraka sebanyak 14.400.000 orang .  

Rasulullah saw bersabda , “ Sesungguhnya hari Jum’at dan malamnya itu ada 24 jam, setiap jamAllah membebaskan penghuni neraka  sebanyak enam ratus ribu orang . Al Hadist.  

Wahai saudaraku barangsiapa di antara kita yang meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali berturut – turut secara sengaja tanpa udzur, maka dicatat oleh Allah sebagai  munafiq. Naudzubillaahi minn dzaalik.  

" Man taraka tsalaatsa jumu’aatin min ghairi ‘udz rin kutiba minal munaafiqiin.” Al Hadist  

Yang artinya " Barangsiapa yang meinggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali tanpa udzur, maka icatat oleh Allaj sebagai orabg munafiq .” Al Hadist.. 

Semoga saja kita semua kaum lelaki tidak di cap oleh Allah sebagai orang munafiq, tati tetap masih dijadikan sebagai golongan orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepadaNya .
Aaaaamiin .

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
Wallaahu a’lam bish shawab

Barakallaahu fiikum .

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...