Selasa, 22 Agustus 2017

M E N U N T U T I L M U

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirranmaanirrahiim .




Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku dalam hal masalah ilmu Allah swt juga pernah menguji para malaikat melaui firmanNya di dalam QS  Al Baqarah 31  -  32  yaitu , 

“ Wa ‘allama aadamal asmaaaa a kullahaa tsumma ‘aradhahum ‘alam malaaaikati faqaala an biuunin bi asmaaaa i haulaaaa i  in kuntum shaadiqiin . Qaluu subnaanaka laa ‘ilmalanaaa illaa maa ‘alamtanaaa innaka antal ‘aliimul hakim “  Yang artinya  “ Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"

Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana".  QS 2  :  31  -  32  

Wahai saudaraku melalui ayat ini Allah swt memberitahukan kepada kita semua bahwa siapapun orangnya berarti semua makhluk Allah semuanya sama yaitu bodoh , tidak memiliki ilmu pengetahuan apapun , kecali hanya Allah swt . 

Ilmu pengetahuan yang dimiliki  manusia adalah hanya sebagian kecil dari ilmunya Allah , sampai malaikatpun tidak memiliki ilmu pengetahuan , selain apa yang telah diajarkan oleh Allah kepada mereka. 

Semuanya itu hanyalah titipan Allah.  Jadi bila ada manusia yang sombong karena banyak memiliki ilmu pengetahuan , ketrampilan, kepandaian , maka hal itu telah berani melawan kodrat Allah swt . Maka cepat atau lambat dia akan celaka karena kesombongannya .  

Wahai saudaraku sebagai dari keutamaan orang yang mencari ilmu Abu Hurairah r.a meriwayatkan ,

Rasulullah saw bersabda , “ Barangsiapa melewati jalan menuju ilmu , maka Allah akan membimbingnya ke jalan menuju surge dan sesungguhnya orang alim itu dimitakan ampun oleh orang-orang yang ada di langit dan bumi bahkan ikan – ikan di lautpun ( turut juga memintakan ampun kepadanya ) . Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi “ . Al Hadist  

Wahai saudaraku hebatnya orang yang menuntut atau belajar dan mengajarkan ilmu itu didoakan oleh seluruh makhluk penghuni  dunia ini baik yang di langit, bumi dan laut. Dido’akan agar mereka yang sedang membicarakan ilmu itu baik yang mengajarkan maupun yang diberikan pelajaran agar diampuni dosa-dosanya, dihapuskan segala kesalahannya.  Subhanallah .  

Sungguh luar biasa sekali pahala bagi orang-orang yang menuntut ilmu sabagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw , 

“ huluusu saa’atin ‘indal ‘ulamaa i ahabbu ilallaahi min ‘ibaa dati alfi sanatin “  Yang artinya , “ Duduk bersama ulama “satu jam “ itu lebih disukai oleh Allah daripada beribadah selama seribu tahun “ . Al Hadist . 

Wahai saudaraku sungguh peranan ulama di dunia ini sangat penting sekali. Sekarang bagaimana seandainya para ulama sudah tiada, maka mau belajar agama kepada siapa ?  

Sehingga Allah mengistimewakan kepada para ulama yaitu bila kita duduk bersama ulama selama 1 jam itu lebih disukai oleh Allah pahalanya beribadah seribu tahun . Subhanallah.   

Semoga kita semua diberi kekuatan oleh Allah agar gemar menuntut ilmu baik ilmu duniawi khususnya ilmu akhirat ( ukhrawi ) , 

Ilmu duniawi untuk kita bertahan hidup delama berada di dunia dan ilmu ukhrawi antuk bekal kita kelak di akhirat.  Wallahu a’lam  ….  

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika .

Wallaahu a’lam bish shawab
Barakallaahu fiikum

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...