Senin, 14 Agustus 2017

J U J U R

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.






Wahai saudaraku tingkatkanlah ketakwaan kita kepada Allah swt. Takwa merupakan salah satu amal yg bisa menyelamatkan kehidupan seseorang dunia akhirat. Dengan takwa seseorang bisa menjadi giat mengerjakan segala perintah Allah . Dengan takwa pula seseorang akan mampu menghindari larangan Allah .

Wahai saudaraku banyak2lah bersyukur kepada Allah swt atas segala nikmatNya yg telah diterimanya. Rahmat dan nikmatNya hanya akan Allah berikan kepada orang2 yang banyak bersyukur kepadaNya.  Taufik dan hidayah Allah hanya akan dilimpahkan kepada orang2 yang pandai bersyukur .

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad sawsebagai penghormatan kita kepada beliau .  Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah besarta para malaikat-Nya

Wahai saudaraku pada umumnya Allah swt memerintahkan kita berbuat  jujur . Dan bergaulpun diharapkan dengan orang jujur .

Hanya kejujuran yang akan membawa manusia kepada kebahagiaan yang hakiki. Allah swt melarang kita untuk berbuat dusta. Karena dusta akan membawa kepada kesengsaraan yang abadi .

Rasulullah saw bersabda, “ Wajib atasmu jujur . Sesungguhnya jujur menunjukkan kepada kebajikan dan sungguh kebajikan itu menujukkan kepada surga .  

Seseorang yang senantiasa jujur dan bermaksud jujur sehingga ditulis di sisi Allah sebagai orang yang jujur . 

Takutlah kamu terhadap dusta , sesungguhnya dusta itu menunjukkan kepada kekejian dan sungguh kekejian itu menunjukkan kepada neraka . 

Seseorang yang senantiasa berdusta dan bermaksud dusta sehingga ditulis di sisi Allah sebagai orang dusta . 

HR Bukhari Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzy .

Wahai saudaraku jujur adalah sifat utama . Jujur itu dikategorikan dalam tiga hal yaitu

1.       Jujur dalam perkataan . Yatu mengatakan sesuatu sesuai yang terkandung  dari dalam hatinya. Atau bisa juga mengatakan sesuai yang telah terjadi dengan sebenarnya  ;

2.       Jujur dalam akidah . Yaitu mempercayai sesuatu dengan hakikatnya, misalnya hanya percaya pada Allah semata dll.

3.       Jujur dalam perbuatan . Yaitu perbuatan yang sama dengan hatinya . Misalnya shalat yang dilakukan itu hanya karena Allah , bukan karena riya’ .

Wahai saudaraku kejujuran itu menunjukkan kepada kebaikan . Karena kejujuran adalah dari segala keutamaan.

Orang yang jujur mendapatkan petunjuk untuk selalu menempuh jalan kebaikan. Dan orang yang baik tempatnya adalah surga .

“  Innal abraara lafii na’iim “  Yang artinya , “ Sesungguhnya orang yang berbuat bajik ( banyak berbakti ) benar – benar berada dalam surge yang menuh dengan kenikmatan “  QS Al Infitar  [ 82 ] :  13

Orang yang senantiasa berbuat jujuut akhirnya menjadi sifat jujur. Sifat jujur akan menjadi watak jujur . Sehingga Allah mencatat dirinya sebagai orang jujur .

Subhanakalloohumma wa bihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubuu ilaik …….  

Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...