Senin, 19 Maret 2018

2. KEBAIKAN DAN KEBURUKAN


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh 

Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Sahabat Wabishah bin Al Ma’bad al Juhani  ra berkata , “ Pernah saya dating kepada Rasulullah sad an bertanya  tentang kebaikan dan dosa . Maka Nabi saw bersabda , “ Tanyalah hati nuranimu , kebaikan itu adalah yang dengannya jiwamu menjadi tentram dan hatimu menjadi damai .  Sedangkan kejelekan atau dosa adalah yang dengannya hatimu menjadi gelisah dan engkau tidak suka apabila perbuatan itu diketahui oleh orang lain “

HR Tirmidzy dan Ahmad .

Wahai saudaraku ada satu perangkat peralatan yang dianugerahkan Allah kepada setiap manusia untuk membimbing kehidupannya .

Alat tersebut tidak akan pernah berdusta , dia akan selalu jujur . Apa yang  diampaikannya selalu jujur , baik tanpa pamrih .

Seandainya kita belum tahu baik dan buruknya dari ayat Al Qur’an dan sunnah  , maka alat tersebut membisikkan kebaikan . Akan tetapi sayangnya kebanyakan dari kita semua mengabaikannya .

Apakah alat tersebut ?  Alat itu namanya adalah HATI NURANI KITA.

Semua manusia pasti memiliki hati dan nurani, karena itu sudah Allah tanamkan sejak kita diciptakan .

Namun sayangnya setelah lahir ke dunia , seiiring berjalannya waktu , semakin usia bertambah kebanyakan manusia nuraninya dimatikan oleh dirinya sendiri, baik secara sengaja atau tidak sengaja.

Hal itu adalah karena pengaruh urusan duniawinya .

Sedangkan hatinya bila nurani sudah tiada, maka akan terisi banyak syaitan seperti keangkuhan , kesombongan , dusta, kikir, bakhil, zalim , fitnah dan sejenisnya .

Sekarang marilah kita bertanya kepada diri kita sendiri . Sudahkah kita berusaha atau berupaya untuk memahami dan mengenali nurani kita  ?

Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...