Senin, 19 Maret 2018

4 . TIDAK SEMPURNA IMAN SESEORANG .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Anas bin Malik ra berkata bahwa Rasulullah saw bersabda , “ Tidaklah beriman salah seorang dari kamu , sehingga dia mencintai saudaranya sebagai dia mencintai  dirinya sendiri “

HR Bukhari , Muslim dan Nasa’i .

Saudara kita itu adalah saudara sesame muslim , apakah masih ada kaitan darah atau yang tidak ada kaitan darah, yang penting mereka muslim.

Bila kita masih membeda-medakan cinta kita terhadap mereka . Kita hanya mencintai yang kaya , tidak senang kepada si miskin artinya  kita belum memiliki iman .

Bila kita sangat hormat kepada pejabat tapi saat menghadai orang yang bukan pejabat biasa – biasa saja maka kita belum memiliki iman .

Bila kita menghormati orang yang berilmu tapi memandang rendah mereka yang bodoh, maka kita belum memiliki keimanan .

Bila kita banyak menebarkan kebencian terhadap orang lain hanya karena kita sedang mengejar kedudukan , maka kita belum memiliki keimanan .

Bila kita sering menebarkan fitnah , yang bisa menjatuhkan harga diri orang – orang yang difitnah , maka kita belum memiliki keimanan .

Bila kita banyak menebarkan kebencian , keburukan artinya kita sedang membenci diri kita sendiri. Kita sedang menjatuhkan harga diri kita sendiri .

Mengapa kita sering melakukan perbuatan seperti itu ?  Karena di zaman sekarang semakin banyak orang yang berbuat seperti ini .

Agama  untuk diamalkan yang benar susah . Tapi agama digunakan untuk meraih urusan duniawi sangat mudah dikerjakan .

Hukum bila korbannya orang lemah berat hukumannya, Tapi bila menimpa orang kaya , sangat ringan keputusannya .

Hukum bisa adil bila setiap ketetapan hukuman itu tidak ada yang dirugikan dan diuntungkan , semuanya puas dengan keputusan itu .

Semoga bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...