Rabu, 07 Maret 2018

BERFIKIR SEBELUM BERBICARA .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Rasulullah saw bersabda, “ Sesungguhnya  seseorang berbicara walau hanya satu kalimat yang dianggapnya itu tidak mengapa , maka dia akan dilempar ke neraka jahanam sejauh 70 tahun perjalanan karena ucapannya itu “  HR Tirmidzi  No  2314 .

Wahai saudaraku janganlah kita menganggap remeh dengan ucapan kita yang akan berdampak buruk kepada orang lain .

Ingat jagalah lisan kita , walaupun lidah tidak bertulang , mudah untuk berbicara. Bila kalimat sudah keluar dari mulut sudah tidak bisa ditarik kembali .

Dari lisan kita bisa terangkat derajatnya di sisi Allah , dan dari lisan pula kita bisa jatuh ke lembah hina dan nista  .

Termasuk apa yang kita tulis di dunia maya , apa yang kita curahkan di dunia maya , yang dianggapnya hanya gurau , tapi dampak yang terjadi sungguh mengerikan  .

Bayangkan 70 tahun perjalanan di akhirat . Sedangkan  satu tahun akhirat itu sama dengan  seribu tahun umur dunia  .

Oleh karena itu mulasi saat ini berfikirlah dengan baik sebelum bicara , jangan sampai yang menurut orang lain berdampak buruk , tapi bagi anda dianggapnya tidak da apa-apanya hanya sekedar bicara atau bercanda.

Hindari banyak tertawa , karena dengan banyak tertawa itu hati anda akan semakin mengeras . Dan bila anda mengabaikan ini maka bisa jadi hati anda akan lebih keras daripada batu .

Semoga saja kita semua bisa mengendalikan lisan kita , akal fikiran kita , hati kita dan jari tangan kita dari hal - hal yang mendatangkan dosa dan kesalahan . Insya Allah . Aaaaamiin.

Wallaahua'lam bish shawab .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...