Rabu, 28 Maret 2018

38 . KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Rasulullah SAW bersabda : 
"Janganlah kamu saling membenci, saling mendengki dan saling bermusuhan, tetapi jadilah kamu hamba-hamba Allah SWT yang bersaudara. Tidak halal seorang muslim mendiamkan (tidak menyapa) saudaranya lebih dari tiga hari."
HR. Muslim  .


Wahai saudaraku Rasulullah saw memperingatkan kepada kita semua bahwa semua manusia yang ada di dunia ini adalah saudara kita .  

Walaupun mereka kulitnya berwarna , agamanya lain – lain , sukunya berbeda – beda , bangsanya lain – lain , tetap mereka adalah saudara kita . Karena mereka yang menciptakannya adalah sama yaitu Allahs wt .

Allah swt sudah memberikan agama yang diridoiNya yaitu Islam dan diberitahukan hanya Islamlah agama yang paling sempurna menurut Allah , bukan menurut manusia .

Dan itu sudah disampaikan kepada manusia melalui utusanNya , tinggal terserah kepada manusianya mau mengikuti petunjuk Allah atau tidak.

Toh baik buruknya itu bukan orang lain yang akan menanggung resikonya, akan tetapi diri sendirilah yang akan menanggung akibat nya baik ataupun buruk.

Jadi janganlah kita memaksakan kehendak kita agar mereka harus memeluk atau menganut agama Islam . Yang akhirnya akan timbul kebencian , kedengkian dan bisa saling bermusuhan.

Dan ini bertentangan dengan kehendak Allah dan Rasulnya . Dan Allah serta Rasulnya mengancam kepada manusia apabila di antara manusia ada yang saling bermusuhan , diberikan batas waktu hanya tiga hari.

Bila telah lewat tiga hari, maka mereka harus saling bertemu kembali dan saling bermaaf – maafan . BIla ini tidak dilaksanakan , maka sama saja mereka telah menentang Allah dan RasulNya .

Ini banyak terjadi bila ada di dalam satu agama , satu organsasi hanya karena menginginkan kedudukan atau pengaruh sehingga terjadi bermusuhan. 
Hanya kerena merasa bahwa kelompoknyalah yang paling benar sehingga nasehat dari manapun dan dari siapapun tidak dianggap. 
Saat berhadapan dia masih menanggukkan kepala tanda setuju, tapi setelah di luar tetap saja yang dijalaninya adalah ucapan amr nya .  
Dan yang sesat lagi adalah bila mereka dilarang bergaul dengan orang 
yang bukan dari golongannya  , dilarang menolong orang lain , 
kecuali bila itu adalah kelompoknya  dll . 
Ini sudah benar - benar menyesatkan .

Ada lagi yang paling parah adalah antar saudara sekandung masih seibu sebapak pada ribut bermusuhan hanya gara – gara berebut harta warisan .

Bisa dibayangkan oleh anda dengan saudara sekandung saja sudah saling bermusuhan , apalagi dengan saudara seagama , pasti akan lebih dari itu .

Semoga kita bisa menjadi manusia yang senantiasa menanamkan rasa kasih saying dengan meningkatkan hubungan tali silaturahmi . 

Sehingga terciptalah suatu masyarakat yang rukun, tertib dan damai sejahtera sesuai dengan kehendak Allah dan RasulNya . Insya Allah . Aaaaamiin.

Semoga bermanfaat .

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...