Kamis, 29 Maret 2018

41 . MENGENDALIKAN HAWA NAFSU


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Rasulullah SAW Bersabda :

"Musuhmu Yang Paling Utama Ialah Nafsumu Yang Berada Diantara Kedua Lambungmu." 

HR.Al-Baihaqi .


Wahai saudaraku di dalam tubuh kita ada hati . hati ini adalah rajanya tubuh . Di dalam hati ada dua makhluk yaitu syaitan dan malaikat .

Sayaitan selalu membisikan sesuatu yang akan menyesatkan manusia . Sedangkan malaikat membisikan sesuatu yang mengajak diri untuk menuju jalan keselamatamn dan kebahagiaan unia akhirat .

Kedua makhluk ini setiap detiknya selalu berperang , mana yang kuat pengaruhnya, maka itulah yang menang . Maka timbullah dalam ucapan , sikap dan prikalu .

Bila yang menang syaitan , maka ucapannya banyak yang tidak benarnya , sikap dan prilakunya banyak menyimpangnya dari jalan benar .

Sebaliknya bila yang menang malaikat , karena malaikat membisikkan seatu ke hati manusia itu bukan atas kehendak dirinya sendiri , tapi atas perintah Allah swt , 

maka yang muncul adalah ucapan yang benar dan lembut , sikap dan prilaku yang sopan , menunjukkan akhlak yang baik .

Rasulullah saw sendiri sudah memberitahukan melalui Hadistnya bahwa musuh yang paling utama adalah hawa nafsu , maksudnya adalah hawa nafsu yang buruk, bukan hawa nafsu yang baik.

Berperang melawan hawa nafsu yang buruk adalah merupakan jihad akbar , sehingga pahalanyapun dari Allah akan sangat luar biasa.

Semoga saja kita semua dapat mengendalikan hawa nafsu yang buruk yang ada di dalam diri kita . 

Sehingga di dalam menjalani kehidupan ini tidaklah menjadi sia – sia , dan kita akan selamat dan berbahagia di dunia dan di akhirat . 

Insya Allah . Aaaaamiin.

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...