Selasa, 20 Maret 2018

9 . CARA MEMPERBAHARUI IMAN .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Dari Abu Hurairah ra , bahwa Rasulullah saw bersabda, 

“ Perbaharuilah iman kamu “ . “ Ya Rasul , bagaimanakah cara memperbaharui iman kami  ? “  Rasulullah saw bersabda , “ Pebanyaklah mengucapkan laa ilaaha illallaah “

HR Ahmad .

Wahai saudaraku kalimat Laa ilaaha illalaah itu adalah untuk memantapkan keimanan kita , untuk menumbuhkan keyakinan kita terhadap Allah swt . Untuk tidak meyakini apapun selain Allah swt.

Seringkali kita lupa untuk membuat penegasan bahwa dalam hidup ini yang berhak disembah bukan Tuhan , akan tetapi hanya Allah Yang Maha Esa .

Tapi kebanyakan di antara kita masih banyak yang menyepelekan kalimat ini .

Maaf bukan hanya sebatas di lisan saja . Walaupun kita membacanya 100 kali setiap malam, tapi masih percaya kepada benda- benda atau tempat – tempat yang dianggap memiliki kekuatan mistis , maka akan gugurlah hikmah daripada kalimat ini .

Ucapan kalimat ini walaupun banyak keluar dari mulut kita bukannya akan menumbuhkan keimanan menjadi semakin baik, akan tetapi yang terjadi justru sebaliknya  keimanan kita semakin layu .

Marilah sejak saat ini kita perbaiki diri, agar apa yang diucapkan oleh kita walau hanya kalimat Laa ilaaha illallaah , kita buktikan dalam bentuk perbuatan . 

Termasuk pula do’a yang kita panjatkan . Jangan sampai kita meminta kebaikan di dunia, tapi perbuatan kita justru banyak berbuat maksiat .

Kita berdo'a dengan membaca " Robbana aatinaam fid dunya hasanah " 

yang artinya 

" Ya Allah berilah kami kebaikan di dunia "

Pasti Allah menjawab " Aku akan berikan berbagai macam kebaikan untukmu , asalkan kamu perbanyak berbuat kebaikan . Insya Allah AKU catat semua kebaikanmu, AKU simpan dengan rapih , dan baru AKU berikan bila kamu telah meninggal dunia " .

Jadi bila doa tersebut dibaca , tapi dusta masih dilakukan . ghibah  dikerjakan , maksiat dijalani , shalat banyak dilanggar , baca Qur'an hanya seminggu sekali cukup kalau malem Jum'at saja . Apakah Allah akan memberikan kebaikan kepada kita ? 
Tidak sama sekali .

Kemudian " Wa fil aakhirati hasanah " Yang artinya " minta kebaikan di akhirat " . 

Dan Allah menjawab " Inilah kebaikan yang kamu tanam selama di dunia , 
AKU kembalikan kepadamu dan kulipat gandakan "

Sekarang kalau kebaikannya hanya sedikit apakah Allah akan menambahnya ? Sama sekali tidak . 

Dunia tempat menanam dan akhirat tempat memetik hasilnya .

Kemudian " Waqina adzaa bannaar " 

Yang artinya " lindungilah kami dari siksa api neraka " .

Kalau banyak kebaikannya dibandingkan dengan keburukannya , maka janji Allah akan ditepati, kamu akan terhindar dari siksa api neraka 

karena kebaikan kamu lebih banyak dibandingkan dengan keburukan kamu .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...