Minggu, 25 Maret 2018

22. HADIAH PARA SAHABAT .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Dari Hisyam bin Urwah , dan ayahnya , dan Aisyah ra , dia berkata , “ Demi Allah , keluarga Muhammad saw pernah melewati waktu satu bulan tanpa ada roti yang dimasak selama itu .”  Dia berkata , “ Aku bertanya , wahai Ummul – Mukminin , lalu apa yang dimakan Rasulullah saw ? “  Dia menjawab , “ Kami mempunyai beberapa tetangga  dari kalngan Anshar , semoga Allah melimpahkan balasan kebaikan kepada mereka , yang memiliki sedikit susu yang mereka hadiahkan kepada Rasulullah saw “

HR Ahmad .

Dalam kehidupan modern yang serba individualis ini bagaimana kita menterjemahkan kehidupan bertetangga  ?

Apakah kita bisa hidup rukun dan damai dengan para tetangga kita  ? Ataukah kita masih pilih - pilih , tidak mau bergaul dengan mereka yang kehidupannya di bawah kita .

Apakah kita masih berbangga diri dengan kedudukan kita, kekuasaan kita kemudnian membikin batasan dengan mereka , sehingga tidak sembarangan orang bisa bertemu dengan kita .

Apakah kita masih berbangga diri karena anak keturunan bangsawan, pejabat tinggi , kemudian sikapnya tinggi hati .

Rasulullah saw saja berkata kepada keluarganya , " Janganlah kalian semua berbangga diri karena ada kaitan darah atau terah dengan saya sehingga kalian bisa berbuat semau kalian sendiri . Sungguh tidak ada yang membantu kalian kelak di akhirat , kecuali dari amal perbuatan kalian sendiri "

Jadi apa yang harus dibanggakan oleh kita semua , keluarga Nabi saw saja harus berbuat sama seperti kita , tapi justru kita merasa bangga bila masih ada keturunan dari Nabi saw . Astaghfirullah .

Masih adakah ruang dalam bilik hati kita untuk berempati kepada para tetangga kita ?

Kalau tidak bisa bertetangga dengan baik , lantas dengan apa kita akan mengukur keimanan kita  ?

Kita belum bisa menjadi muslim yang baik dan benar bila para tetangga kita masih merasa kurang nyaman dengan keberadaan kita bersama mereka .

Belumlah dikatakan beriman bila para tetangga di dekat kita masih terganggu oleh lidah dan tangan kita .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...