Selasa, 27 Maret 2018

30 . KEADAAN AHLUSH - SHUFFAH SAHABAT NABI SAW


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Bismillaahirrahmaanirrahiim . 

Dari Abu Hurairah ra , dia berkata , 

“ Aku pernah melihat tujuh puluh orang Ahluh – Shuffah “ mendirikan shalat dengan mengenakan selembar kain saja . Di antara mereka ada yang kainnya hanya sampai ke kedua lutut dan ada pula yang sampai di bawahnya lagi .  Jika salah seorang di antara mereka RUKU’ , dia memegangi kainnya karena khawatir auratnya kelihatan “.

HR Ahmad .

Di zaman Nabi saw , ada sekelompok orang , jangankan harta , pakaianpun hanya selembar yang menempel di badannya , akan tetapi posisi merek di hadapan Allah sungguh mulia .

Mengapa kita tidak bercermin kepada mereka  ?

Apakah mata hati kita sudah tidak jernih lagi , sehingga sulit untuk menatap cermin yang seperti itu  ?

Bercermin kepada mereka itu bukan berarti termasuk dengan penampilannya juga , akan tetapi akhlaknya yang harus kita jadikan cerminan kita.

Jadi jangan asal ikut - ikutan saja . Sedang musim berjenggot, lalu mulai pada memelihara jenggot .  Bila ditanya kenapa anda sekarang berjenggot ?  Sunnah Nabi jawabnya .  

Ada lagi yang jawabnya itu jenggot tempat bergantungnya para malaikat . Ini pendapat dari mana , asal ngarang atau memang ada Hadistnya . Kalau iya ada , lalu mengapa malaikat harus mengantungkan diri di jenggot setiap hambaNya , Astaghfirullah .

Marilah kita kaji ilmu pengetahuan tentang Islam , agar kita memperoleh keyakinan atas dasar pencarian diri , dengan banyak membaca Al Qur'an dan terjemahnya , hadist - hadist . Jadi bukan menjadi manusia yang taklid buta .

Semoga ini bermanfaat .

Wasalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...