Rabu, 05 Juli 2017

APAKAH KEWAJIBAN HAMBA ALLAH ?

Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim .




Wahai saudaraku   Allah swt menciptakan makhluk di dunia ini hanya dua yaitu Jin dan Manusia .
Walau keduanya sebagai makhluk tapi bahannya itu berbeda. Jin bahannya dari api sedangkan manusia bahannya dari saripati tanah . 

Dan keduanyaitu memiliki hak dan kewajiban yang sama  yaitu berjanji , berbakti dan mengabdi kepada-Nya . Sesuai dengan firman Allah swt yaitu ,
“ Wa ma khalaqtul jinna wal insa illaa liua’buduun “ 
Yang artinya , “ Dan AKU tidak menciptakan Jin dan Manusia , kecuali agar mereka menyembah – KU . QS Adz  Adzariiyat   56. 

Melalui ayat ini Allah memberitahukan kepada kita semua bahwa tugas Jin dan Manusia itu menyembah  kepadaNya.

Dalam menyembah itu ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu berjanji, berbakti dan mengabdi.  Berjanji maksudnya Allah  telah memberi agama yaitu Islam dan sudah diterima oleh kita. Dan berjanji untuk melaksanakannya dengan baik dan benar.

Berbakti yaitu bakti kita terhadap Allah swt dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya .

Kemudian mengabdi yaitu pengabdian kita terhadap Allah dan terhadap sesama manusia . Mengabdi terhadap Allah, salah satunya adalah melaksanakan shalat wajib, bersedekah, berpuasa .

Sedangkan mengabdi terhadap sesama manusia adalah dengan cara bergaul, bersilaturahmi , saling bantu, tolong, isi, ingatkan dan sejenisnya.

Di dalam pengabdian terhadap manusia itu itu degan cara bagaimana agar kita ini bisa bermanfaat buat orang banyak pada umumnya dan diri pada khususnya .

Hal ini bukan terhadap kita saja, termasuk Jin pun harus berbuat sama. Bagi yang tidak mau melaksanakan penyembahan itu, maka dianggap tidak mengakui Allah, maka dia termasuk kelompok syaitan.

Jadi yang namanya syaitan itu bisa berwujud nyata yaitu manusia dan juga bisa tidak nyata yaitu Jin yang ingkar .   Allah swt berfirman yaitu ,
“ wa’budu robbaka hattaa ya’tiyakan yaqiin “  
Yang artinya “ Dan sembahlah Tuhanmu ( Allah swt ) sehingga dating kepadamu keyakinan ( hari dibangkitkan  “).

Hari dibangkitkan itu adalah kebangkitan dari kematian. Artinya setiap yang bernyawa itu pasti mati . Jadi  selama kita masih hidup harus menyembah ( berjanji, berbakti dan mengabdi ) kepada Allah swt .  Menyembah Allah swt itu baru berhenti setelah kita meninggal dunia . 

Rasulullah saw bersabda , “ Uu shiikum bitaqwalloohi was sami’ wath thoo’ati “  Yang artinya , “ Aku berpesan kepadamu agar bertaqwa kepada Allah , dan mendengar serta mentaati-Nya “ Al Hadits. 

Hati-hati di dalam berhamba kepada Allah itu jangan sampai  salah niat, karena Allah melihatnya pada niat setiap manusia dari hatinya itu apa. 

Tujuan berhamba pada Allah itu bukan punya tujuan dan maksud tertentu seperti  supaya hidupnya senang, kaya raya, jabatan tinggi , istri cantik , suami ganteng dsb , Juga bukan karena takut siksa-Nya, atau menuntut untuk mendapatkan surga-Nya.

Ibadah yang dijalankan itu sebagai bentuk wujud syukur bahwa dirinya telah diciptakan Allah swt lengkap dengan segala nikmat-nikmatNya dan keikhlasan-Nya semata. 

Dengan beribadah artinya kita ingat kepada-Nya. Bila tidak ibadah artinya kita melupakan-Nya .
Allah swt berfirman , “ Fadz kuruunii adzkurkum wasy kuruulii walaa takfuruun “ 

Yang artinya , “ Ingatlah kepada-KU , niscaya AKU ingat padamu , dan bersyukurlah kepada-KU , dan jangan mengingkari ( atas nikmat-nikmat-KU ) itu. Rasulullah saw bersabda, “

Janganlah ada di antara kamu seperti hamba ( budak ) yang berbudi buruk , bila ia takut ( kepada tuannya ) , lalu ia bekerja . Dan jangan pula seperti buruh yang berbudi buruk , bila tidak diberi upah , maka ia tidak mau bekerja .  Al  Hadits . 

Semoga saja kita semua bisa menjadi seorang hamba yang tahu diri, tahu berterima kasih terhadap Allah, dan menjadi hamba yangsesuai dengan harapan-Nya dan tujuan-Nya menciptakan kita di dunia ini.  .  Insya Allah . Aaaaamiin. 

Wallaahu a’lam bish showab…..
Barakallaahu  fiikum …… 

Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...