Kamis, 20 Juli 2017

MENJAGA LISAN

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirranmaanirrahiim .



Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku  berhati- hatilah di dalam bergaul dengan sesame manusia. Bersikaplah rendah hati , hormat kepada yang tua dan kasih saying kepada yang muda .

Bila ada orang lain salah, maka janganlah ditunjuk hidung di tempat ramai. Bila anda ingin memberikan nasihat kepanya maka usahakan kalau bisa hanya berdua.

Karena sudah umum, tidak ada orang yang mau dihina dalam hidup . Bicaralah dengan kata – kata yang baik namun membekas di hatinya . 

Allah swt berfirman di dalam QS An Nahl 125 yang berbunyi sebagai berikut ,
 Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk “  QS 16 : 125 

Wahai saudaraku Allah memberitahukan kepada kitasemua melalui ayat ini bahwa kita diperintahkan menyampaikan kebaikan terhadap siapapun, memberikan nasekat baik kepada siapapun .

Jauhi perdebatan, perselisihan apalagi sampai bermusuhan dengan siapapun.

Bila semua itu sudah dilakukan, maka urusan selanjutnya serahkan kepada vAllah. Mengapa demikian ? Karena yang bisa meubah hati dan akhlak seseorang itu hanyalah Allah semata. 

Jadi janganlah anda memaksakan kehendak, maksudnya orang yang diajak bicara itu harus patuh, tunduk dengan ucapan anda itu benar menurut syari’at agama .

Ingat di dalam Islam tidak ada paksaan  untuk mengikuti agama ini.  Allah hanya menawarkan dua hal kebaikan dan keburukan, kebahagiaan dan kesengsaraan , keselamatan dan celaka  petunjuk jalan yang benar dan yang sesat . 

Silahkan selanjutnya tinggal pilih oleh anda sendiri  . Dan pilihan anda itulah yang nantinya akan dinikmati hasilnya oleh anda.

Wahai saudaraku sekali lagai di dalam bergaul jagalah lisan anda, bila baik katakana baik , bila ternyata tidak baik maka sebaiknya diam . 

Rasulullah saw bersabda, “ Man kaana yu’minu billahi wal yaumil aakhiri fal yaqul khairan au liyashmut “  

Yang artinya , “ Barangsiapa yang percaya kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia berkat baik atau diamlah “  H.R Bukhari.

Melalui Hadist ini Rasulullah berpesan kepada kita semua agar menjadi orang yag beriman.Beriman kepada Allah, beriman kepada Hari Akhir, kepada para Malaikat , kepada Kitab Allah, kepada Rasul dan kepada Qada dan Qadar.

Jadi bukan hanya beriman kepada yang satu saja. Itulah maknanya yang harus kita kembangkan . 

Beriman kepada Allah dengan cara jalani apa yang diperintahkan olehNya dan jauhi apayang dilarang olehNya .

Beriman kepada Hari Akhir, artinya tidak selamanya kita berada di dunia saja, karena tujuan hidup kita yang terkhir adalah Hari Akhir, maka persiapkan segala sesuatunya sebagaimana kita mepersiapkan kebutuhan dunia agar bisa hidup senang dan berbahagia.

Beriman kepada para Malaikat yang kesemuanya itu sebagai pembantu Allah didalam melayani kebutuhan manusia  dan alam semesta ini .

Beriman kepada Kitab Allah, di zaman sekarang ini adalah Al Qur’an dengan cara membacanya, mempelajarinya makna kandungannya dan mengamalkannya ke dalam kehidupan sehari – hari . 

Beriman kepada Rasul adalah dengan cara jalani sunnah – sunnah nya,percayai sabda-sabdanya . 

Beriman kepada Qada dan Qadar artinya menerima dengan ikhlas apa yang  telah menjadi ketetapan Allah baik atau buruknya  .

Semoga uraian ini dapat membuka mata hati kita yang selama ini masih tyertutup atas izin dan rido Allah.  Aaaaaamiin … 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Wallaahu a’lam bish shawab
Barakallaahu fiikum

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...