Senin, 10 Juli 2017

UJIAN DAN COBAAN DI DUNIA

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim


Image result for ujian dan cobaan hidup

Wahai saudaraku Hidup di dunia ini semuanya tidak akan lolos dari ujian dan cobaan dari Allah swt . Mengapa Allah swt  berbuat seperti itu ? Tujuannya adalah agar mengetahui siapa yang kuat dan sabar dalam menghadapi semua itu . 

Barangsiapa yang berkata bahwa Allah itu tidak punya Kasing Sayang, maka dia masih berpandangan picik dan sempit . Perhatikanlah firman Allah berikut ini ,

“ Tabaa rokal ladzii biyadihil mulku wa huwa ‘alaa kulli sya in qodiir . Al ladzii kholaqol mauta wal hayaata liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amalaan , wa huwal ‘aziizuul hakim .   
Yang artinya  “ Maha Suci Allah Yang di tangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,  Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,  QS Al Mulk   1 – 2 .

Untuk itu tingkatlah kesabaran kita dalam menghadapi berbagai macam ujian dan cobaan dari-Nya . Janganlah berprasangka buruk terhadap-Nya . Karena dibalik ujian dan cobaan itu ada kebahagiaan dari-Nya. 

Allah swt berfirman yaitu “ Qulyaa ‘ibaadil ladziina aamanut taquu robbakum lil ladziina ahsanuu fii haadzihid dunyaa hasanah , wa ardhulloohi waa si’ah , innamaa yuwaffash shoobiruuna aj rohum bighoiri hisaab “ 
Yang artinya  “  Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. “ 
QS Az Zumar  10. 

Melalui ayat ini Allah swt memberitahukan bahwa bumiNya adalah luas. Kita hanya diperintahkan untuk beriman dan bertakwa hanya kepadaNya, jangan mempersekutukan-Nya dengan apapun atau dengan siapapun .

Dengan bertakwa artinya kita pasti akan melakukan kebaikan, Karena menjalankan apa yang jadi perintahNya dan menjauhi laranganNya .

Selain itu kita diminta bersabar di dalam menjalani kehidupan ini . Karena perubahan kehidupan itu bisa terjadi setiap detik atas izinNya.

Ada  orang yang tadinya kaya, mendadak berubah menjadi miskin.  Ada yang tadinya pejabat, gak lama kemudian menjadi rakyat . Ada orang yang tadinya banyak dihinakan orang, dan atas kehendakNya dia berubah penjadi orang yang terpandang dan terhormat dsb . Dan itulah kehidupan yang nyata dan banyak terjadi di alam semesta ini .

Bila kita cerdas, maka kita bisa belajar banyak dari berbagai macam kehidupan orang lain. Janganlah kita iri atas apa yang didapat oleh orang lain.

Karena Apa yang didapat orang lain menurut pandangan anda, bisa jadi bila hal itu diberikan ke anda malah akan menjadi buruk. 

Setiap kali Allah akan memberikan sesuatu kepada hambaNya itu sudah dipertimbangkan dari segala halnya. Jangan sampai akibat pemberiannya itu akan menjadikan anda rusak.

Contoh sederhana.  Saat anda mendapatkan rezeki sedikit, lalu anda jengkel, penasaran, marah. Bukannya disyukuri, karena rezeki itu bukan uang saja.  

Mata bisa melihat, telinga bisa mendengar, lidah bisa merasa. Tangan bisa berbuat, kaki bisa melangkah, otak ada akalnya dan bisa untuk berfikir , hati bisa memilah memilih , membedakan mana yang baik dan yang buruk dsb. Itu semua adalah rezeki dariNya. Janganlah itu dianggap itu  hal biasa. 

Jadi dikasih rezeki sedikit saja, anda tidak bersyukur, apalagi kalau dikasih rezeki yang besar, maka sudah pasti anda akan semakin lupa diri, dan semakin jauh dengan Allah swt.


Semoga saja kita semua tetap senantiasa beriman dan bertakwa kepadaNya, dan diberi kekuatan , kesabaran, ketabahan dan ketawakalan di dalam menghadapi berbagai macamk ujian kehidupan dari Allah swt ……  Aaaaamiin ….  

Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...