Rabu, 19 Juli 2017

KEHIDUPAN MANUSIA

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Photo


Wahai saudaraku tingkatkanlah ketakwaan kita kepada Allah swt. Takwa merupakan salah satu amal yg bisa menyelamatkan kehidupan seseorang dunia akhirat. 

Dengan takwa seseorang bisa menjadi giat mengerjakan segala perintah Allah . Dengan takwa pula seseorang akan mampu menghindari larangan Allah .

Wahai saudaraku banyak2lah bersyukur kepada Allah swt atas segala nikmatNya yg telah diterimanya. Rahmat dan nikmatNya hanya akan Allah berikan kepada orang2 yang banyak bersyukur kepadaNya.  

Taufik dan hidayah Allah hanya akan dilimpahkan kepada orang2 yang pandai bersyukur .

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad sawsebagai penghormatan kita kepada beliau . 

Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah besarta para malaikat-Nya

Mengenai kehidupan dunia Allah swt berfirman di dalam QS Al Hadid 20  yaitu

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا ۖ وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ ۚ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ
(Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan) sebagai perhiasan (dan bermegah-megahan antara kalian serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak) artinya, menyibukkan diri di dalamnya. Adapun mengenai ketaatan dan hal-hal yang membantu menuju kepadanya termasuk perkara-perkara akhirat (seperti) kehidupan dunia yang menyilaukan kalian dan kepunahannya sesudah itu bagaikan (hujan) bagaikan air hujan (yang membuat orang-orang yang bertani merasa kagum) merasa takjub (akan tanam-tanamannya) yang tumbuh disebabkan turunnya hujan itu (kemudian tanaman itu menjadi kering) lapuk dan kering (dan kamu lihat warnanya yang kuning itu kemudian menjadi hancur) menjadi keropos dan berjatuhan ditiup angin. (Dan di akhirat ada azab yang keras) bagi orang-orang yang lebih memilih keduniaan (dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya) bagi orang-orang yang lebih memilih akhirat daripada dunia. (Dan kehidupan dunia ini tidak lain) maksudnya bersenang-senang dalam dunia ini tiada lain (hanyalah kesenangan yang menipu).  QS 57  :  20  

Wahai saudaraku melalui ayat ini Allah memberitahukan kepada kita bahwa kehidupan dunia ini hanya permainan artinya sangat sibuk sehingga saking sibuknya tidak ada waktu untuk beribadah kepada Allah, siang dan malam yang difikirkan hanyalah dunia . 

Untuk kebutuhan akhiratnya  tidak terfikir sama sekali karena siang untuk kerja keras, malemnya capek dan untuk istirahat tidur.

Yang dimaksud dengan melalaikan adalah akibat kepuasan dan kesenangan yang dituju, sehingga tidak ada puasnya. Semakin banyak yang dimiliki maka merasa akan semakin kurang .

Yang dimaksud dengan perhiasan adalah yang dicari itu hanya pujian manusia , hidup harus sama dengan orang lain bahkan lebih sukses dari orang lain . Tidak mau kalah dengan orang lain .

Yang dimaksud dengan bermegah-megahan adalah  merasa berbangga diri dengan kesuksesan kehidupannya, kesuksesan atau keberhasilan anak-anaknya , kesuksesan di bidang usahanya, kesuksesan di  bidang bisnisnya dsb .

Yang dimaksud banyaknya harta dan anak adalah harta yang didapat dari hasil kerjanya itu hanya ditimbun, tidak sebagian diberikan kepada orang yang berhak, Harta tersebut hanya dikeluarkan khusus untuk keluarganya saja .

Yang dimaksud seperti hujan yang tanam – tanamannya mengagumkan para petani  adalah semua kesenangan yang digambarkan atau diuraikan di atas serba menggiurkan, menyilaukan sehingga bisa membuat manusia menjadi lura diri .

Yang dimaksud dengan kemudian tanaman berubah kuning menua lalu kering dan hancur  adalah semua yang menyenangkan itu seiring dengan bertambahnya usia yang semakin tua hanya memikirtkan dunianya saja, maka disitulah letak kehancuran manusia. 

Dia telah tertipu, telah dipermainkan, telah dijerumuskan oleh urusan dunia . Begitu dia meninggal tidak ada apa-apa untuk dibawa bekal bagi kehidupan akhiratnya .

Yang dimaksud dengan di akhirat ( nanti ) ada azab yag keras  adalah bagi yang masih terus larut dengan urusan dunianya maka di akhirat bersiaplah untuk menerima azab dan siksa Allah yang amat keras.

Yang dimaksud dengan ampunan dari Allah serta keridoanNya adalah sebaiknya kita manusia itu banyak bertaubat kepada Allah dan dengan taubat yang benar . Karena manusia itu tempatnya salah dan dosa serta lalai dan lupa .  

Selain dari itu apapun yang dilakukan itu semuanya untuk Allah dan karena Allah bukan mengharapkan surgaNya dan juga bukan menolak nerakaNya, akan tetapi  hanya mengharap rido Allah.

Yang dimaksud dengan kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu adalah peringatan Allah untuk kita semua bahwa barangsiapa yang hanya memikirkan dunianya saja maka dia telah dipermainkan oleh dunia. 

Dia telah tertipu oleh kesenangan, keberhasilan, kesuksesan dunia. Sehingga untuk kebutuhan akhiratnya terlalaikan.

KESIMPULAN DAN HIKMAH :
Dari uraian di atas yang ayatnya cukup panjang ini bisa ditarik kesimpulan yaitu :

1.       Janganlah tertipu oleh kehidupan dunia   ;
2.       Harta benda, tahta, wanita, keluarga semua itu lambang dunia . Bila anda hanya fokus kepadanya maka anda telah dipermainkan oleh dunia  ;
3.       Jadilah manusia cerdas dan dengan kecerdasan nya dunia yang didapat dimanfaatkan semuanya untuk kebutuhan bekal akhiratnya  ;
4.       Kehidupan dunia ini ibarat waktu , bila waktu tidak dimanfaatkan dengan baik maka waktu akan menebas atau membinasakan dirinya sendiri  ;
5.       Allah swt masih memberikan kelonggaran kepada manusia , masih menawarkan barangkali setelah baca ayat ini akan ada yang bertaubat dan ingin merubah kehidupannya
6.       Apabila manusia masih larut dengan kesenangan dunianya artinya dia telah menipu dirinya sendiri, sudah ada peringatan namun diabaikan.

Semoga uraian ini bermanfaat bagi kita semua . Dan dapat membuka mata hati kita yang selama ini tertutup. Aaaaamiin


Subhanakalloohumma wa bihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubuu ilaik …….  
Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...