Rabu, 12 Juli 2017

DO'A YANG TERBAIK

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Image result for ibadah yang terbaik


Wahai saudaraku sebaik baik permohonan seorang hamba kepada Allah swt itu adalah agar senantiasa dapat berbuat amal ibadah secara istiqamah lahir dan batin .

Mengapa dikatakan lahir batin ? Karena sungguh masih banyak manusia yang lahirnya beribadah kepada Allah, namun justru batinnya bertolak belakang .

Masih banyak orang antara apa yang diucapkan tidak sesuai dengan perbuatan. Karena yang baik itu adalah antara hati, ucapan dan perbuatan itu sama.

Mulut mengatakan meminta kebaikan di dunia, sementara ucap, sikap dan prilakunya, banyak berbuat maksiat dan zalim .

Minta diberi petunjuk jalan yang lurus, sementara jalan yang ditempuh selalu banyak yang menyimpang dari syariat agama.

Minta diberi petunjuk yang benar , sementara Kitab yang menuntun ke jalan benar ( Al Qur’an ) tidak pernah dibacanya .dsb .

Jadi sebaik baik permintaan adalah diberi kekuatan agar dapat melaksanakan apa yang menjadi perintah-Nya dan mampu menjauhi apa yang menjadi laranganNya , serta selalu mendapatkan rido-Nya .

Yang dimaksud dengan ibadah lahir di sini adalah ibadah yang dilakukan oleh seluruh anggota tubuh, mulai dari ujung rambut kepala sampai telapak kaki. ,

Contoh rambut kalau memang sudah ditakdirkan Allah harus putih, ya jangan di semir hitam. Dan rabut yang memang sudah hitam jangan disemir dengan berbagai macam warna dengan tujuan agar dapat pujian dari orang lain.

Otak tempatnya akal untuk berfikir, harus digunakan untuk berfikir yang positif. Mata dimanfaatkan untuk melihat hal-hal yang disukai oleh Allah.

Telinga digunakan untuk mendengarkan yang baik-baik. Mulut dimanfaatkan untuk bicara yang bermanfaat bagi banyak orang .

Kedua tangan digunakan untuk berbuat , bekerja, menolong orang lain , kaki digunaman untuk melangkah ketempat yang disukai Allah swt dan lain lainnya .

Sedangkan yang dimaksud dengan ibadah batin adalah beribadahlah dengan ikhlas diniatkan hanya untuk Allah swt semata dengan harapan hanya ingin mendapatkan ridoNya saja, tidak ada untuk kebutuhan lainnya yang bersifat duniawi . Dan menerima ketetapan Allah swt apakah berupa nikmat ataupun ujian dan cobaan dari-Nya .

Bagi orang yang beriman, semakin berat ujian yang datang itu bukan semakin takut, bahkan semakin senang untuk mengahadapinya. Karena semakin berat ujian dan cobaan, maka pahanya atau imbalan dari Allah akan semakin besar .

Akan tetapi bagi mereka yang kurang imannya saat menghadapi ujian yang agak berat saja sudah uring-uringan, mengeluh, marah, jengkal, penasaran, bertanya kenapa kejaiannya seperti ini dsb, apalagi bila yang datang itu tidak cocok dengan seleranya, langsung saja berprasangka buruk pada Allah swt. Naudzubillaahi min dzaalik.

Allah swt berfirman yaitu , “ inna akromakum ‘indalloohi atqookum “
Yang artinya “ Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah , ialah orang yang paling takwa dari padamu “ QS Al Hujurot 13 .

Semoga saja kita menjadi orang yang jujur, dapat melaksanakan ‘ Ihdinash shroothol mustaqiim “
yaitu antara hati, ucapan dan sikar serta prilaku sama …… Aaaaamiin ….

Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu fiikum ……

Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...