Sabtu, 08 Juli 2017

KEUTAMAAN NIAT ADAN IKHLAS

Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.


Image result for niat yang lurus

Niat seseorang yang benar itu tidak ada yang mengetahui dengan pasti , kecuali Allah swt.  

Niat yang baik dan benar itu bila antara hati , ucapan dan perbuatan sama . Itulah yang disebut kejujuran, atau bisa dibilang jalan yang lurus. 

Timbulnya niat itu adalah dari dalam hati . 

Dengan niat mendorong manusia untuk melaksanakan suatu perbuatan atau pekerjaan .  

Niat itu menentukan nilai perbuatan seseorang, apakah baik atau buruk.  

Jadi baik atau buruknya perbuatan seseorang itu diukur dengan niatnya.  Bila niatnya baik, maka baiklah amal perbuatannya . Dan bila niatnya tidak baik maka akan rusaklah amal perbuatannya .  

Rasulullah saw bersabda, Innamal a’malu bin niyaat , wa innamaa likullim ri in maa nawaa , 
Artinya , “ Sesungguhnya sahnya perbuatan seseorang itu tergantung dengan niatnya , dan sesungguhnya  bagi setiap orang itu apa yang diniatkannya sah atau tidak . HR Bukhari Muslim .  

Niat yang baik harus didasari ikhlas.  

Antara niat dan ikhlas itu tidak bisa dipisahkan seperti antara roh dan jasad, lahir dan batin .  atau seperti bibit dan pohonnya .   

Rasulullah saw bersabda, "  Innallaahoha laa yandzuru ilaa ajsaa mikum walaa ilaa shuwarikum walaa kin yandzuru ilaa quluu bikum ". 
Yang Artinya “ Sesungguhnya Allah tidak akan melihat bentuk badan kamu dan tidak pula rupa kamu , akan tetapi Dia/Allah akan melihat hati kamu .  HR Muslim .   

Semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan oleh Allah swt dan dibimbing olehNya agar apapun yang dilakukan oleh kita selalu mendapatkan izin dan ridoNya.  Aaaaamiin. .

Walloohu a’lam bish showab…… 
Barakalloohu  fiikum……  
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...