Selasa, 11 Juli 2017

MENDIDIK ANAK


Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirranmaanirrahiim .

Image result for mendidik anak

Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku anak adalah merupakan titipan Allah, amanah Allah yang harus dijaga dan dipelihara dengan baik dan benar.  Kasih sayangilah anak2 anda sebagaimana  anda dikasih sayangi oleh Allah swt .  

Hantarkan anak-anak anda agar mereka sampai bisa mandiri  , berakhlak baik dan mampu bertanggung jawab terhadap dirinya, keluarganya, agamanya, masyarakat, bangsa dan Negara . 

Mari kita simak firman Allah swt di dalam QD Lukman 17 yang artinya , “ Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).  QS 31 : 17  

Melalui ayat ini Allah swt memberitahukan kepada kita semua tentang kewajiban orang tua di dalam mendidik anak-anaknya yang disampaikan oleh Lukman terhadap anak-anaknya yaitu agar 

1.  Mendirikan shalat, karena shalat adalah perintah langsung dari Allah swt yang harus dikerjakan lima kali sehari semalam. Shalat adalah merupakan tihang agama. Barangsiapa yang mendirikan shalat berarti menegakkan agama dan barangsiapa yang tidak melaksanakan shalat sama dengan merobohkan agama ( bagi dirinya sendiri ) . Shalat merupakan amal yang paling utama dan terutama . Shalat merupakan salah satu cara manusia berhubungan langsung dengan Allah swt.  ;  

2. Tegakkan kebenaran, artinya dalam hidup ini kita harus berada di jalan yang benar. Jalan yang benar merupakan jalan yang lurus, jalan yang diridoi oleh Allah . Jalan yang benar hanya bisa diperoleh bila kita mempelajari Al Qur’an dan sunnah2 Rasulullah saw  ; 

3. Cegahlah kemunkaran. Artinya kita harus menjauhi berbagai macam perbuatan munkar atau buruk, baik yang ditimbulkan oleh diri pribadi maupun yang datang dari luar diri. 

4. Bersabar tehadap apa yang menimpa kita. Sabar didalam kenikmatan dan sabar dalam kesengsaraan dan penderitaan. Sabar didalam ketaatan, sabar dalam mengendalikan hawa nafsu . 

Dari poin 1 s/d 4 itu adalah kewajiban dari Allah yang disampaikan kepada orang tua untuk diteruskan kepada anak-anak nya dan harus dilaksanakan oleh mereka .  

Wahai saudaraku sungguh betapa pentingnya peranan orang tua terhadap anak-anaknya terutama dalam hal pendidikannya baik pendidikan umum maupun pendidikan tentang akhlak dan agamanya .  Rasulullah saw bersabda , 

“ Barangsiapa diberikan anak , maka hendaklah memberikan nama yang baik, mendidik budi pekertinya yang baik dan apabila sudah dewasa (  dan ingin kawin ) supaya dikawinkan , karena apabila tidak dikawinkan ( dan dia terpaksa berzina ) , maka dosanya ditanggung oleh orang tuanya “ Al Hadist .  

Wahai saudararaku sungguh pesan Rasulullah saw ini sangat penting sekali dimana nama baik keluarga harus dijaga benar-benar . 

Dan orang tua tidak bisa memaksakan kehendaknya sendiri, maksudnya jodoh anak itu orang tua yang menentukan. 

Zaman sekarang sudah tidak seperti zaman Siti Nurbaya. Biarkan anak memilih siapa yang dicintainya , namun sebagai orang tua berhak memberikan pandangan dari sisi kebaikan dan keburukannya , namun tidak  memaksa harus patuh. 

Setelah diberikan pandangan barulah sang anak yang menentukan pilihannya, dan orang tua tinggal memberikan doa restunya saja  .  

Semoga uraian ini bermanfaat baki kita semua dan dapat membuka mata hati kita semua sehingga rahmat Allah bisa masuk ke dalam hati kita. ….  

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Wallaahu a’lam bish shawab

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...