Rabu, 12 Juli 2017

TERIMALAH TAKDIR ALLAH .

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Image result for takdir allah itu indah



Wahai saudaraku keberadaan kita di dunia ini hanya menjalankan tugas menyembah Allah swt ( hablum minallaah ) dan bergaul dengan sesama makhluk lainnya ( hamblum minan naas ) . 
Di dalam hamblum minan naas itu kita hanya berusaha, bekerja keras, berdo’a. Setelah itu kita menunggu takdir Allah ( baik ataupun buruk ). 
Allah itu Maha sempurna . Dia tidak mungkin memberikan yang buruk2, pasti sebaliknya yaitu yang baik2 dan terbaik menurut penilaian Nya. 
Adapun bila yang dating kepada kita itu buruk, maka itu juga sudah takdirnya. Tujuannya adalah untuk mengkaji dri, koreksi diri dan mawas diri, ada apa dengan diri kita. Bila sudah ketemu penyebabnya, maka segeralah diubahnya .  
Wahai saudaraku Allah itu Maha kaya, dan dengan kekayaanNya dia cukupi semua kebutuhan makhluknya . Allah itu Maka Kuasa, dengan kekuasaannya, maka Dia memberi, mencabut, melapangkan, menyempitkan, menetapkan segala sesuatu itu tanpa bantuan dari sipapun . 
Allah itu Maha Bijaksana. Dengan kebijaksanaannya Dia tetapkan sesuatu itu yang tidak memberatkan atau melebihi kekuatan dan kesanggupan setiap hambaNya. 
Allah itu Maha Pengasih, dengan itu Dia kasihi semua makhluknya, tidak ada yang dibeda-beda  selama mereka berada di dunia , tapi untuk akhiratnya tidak mendapatkan apapun . 
Allah itu Maha Penyayang dan dengan itu Dia hanya menyayangi para hambaNya yang taat kepadaNya ( di dunia dan akhirat ) . 
Semua itu Allah terapkan terhadap manusia sesuai dengan kedudukannya masing-masing baik di bidang usaha, dagang, bertani, bekerja, menjabat dsb . 
Wahai saudaraku bagi anda yang bergerak di bidang usaha, anda bekerja untuk mencari kebutuhan hidup dan kehidupan di dunia. 
Kemudian anda beramal saleh terhadap masyarakat sesuai kewajibannya seperti menegakkan amal makruf nahi munkar , membantu fakir , miskin, anak2 yatim, kaum dhuafa dsb termasuk, masjid, mushola, madrasah, sekolah, kampung dst . Dan semua itu berkaitan dengan hukum hamblum minan naas.  
Adapun  di bidang hamblum minallaah , anda beribadah kepada Allah swt tanpa memikirkan dan menaci untuk kebutuhan hidup dan kelangsungan hidup dan kehidupannya di dunia , karena semua itu terpenuhi semua . 
Dan berbahagialah bagi anda yang sudah mendapatkan hal ini , sehingga tidak ada keluhan itu dan ini .  Marilah kita simak Hadits Nabi saw berikut ini .  
Dari Abdullah bin Amer ra , Rasulullah saw bersabda , “ Sungguh beruntung orang2 yang telah masuk Islam , dan diberi rezeki dengan cukup dan dia merasa cukup dari apa yang Allah berikan “ Wahai saudaraku bila di antara anda ada yang keinginannya hanya beribadah kepada Allah tanpa menghiraukan kebutuhan hidup di dunia . 
Ini sudah bertentangan dengan ketetapan Allah . Dan hal ini merupakan dorongan dari hawa nafsunya yang halus .  
Sebaliknya bila di antara anda yang hanya bersuaha untuk kepentingan kehidupan dunia lalu mengabaikan untuk kepentingan akhiratnya, maka orang yang seperti ini adalah orang yang telah mematikan semangat dan cita-cita yang luhur . 
Semoga saja setelah kita membaca uraian ini, kita menjadi manusia yang mau berusaha untuk menggapai cita-cita yang luhur baik untuk kepentingan dunianya maupun juga untuk kepentingan akhiratnya. Aaaaamiin  …..  
Subhanakalloohumma wa bihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubuu ilaik …….  
Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...