Senin, 31 Juli 2017

PERINTAH MENGELUARKAN ZAKAT

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirranmaanirrahiim .




Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku agar kita bisa bertahan hidup sampai batas waktu yang ditentukan Allah ( kematian ) maka Allah swt telah membekali kita dengan ilmu dan peralatan lengkap yaitu seluruh anggota tubuh termasuk akal dan fikiran serta hati dan nurani. 

Tugas kita adalah berusaha, bekerja keras mencari rizki sesuai dengan kemampuan, keahlian, ketrampilan kita masing – masing.

Dan untuk urusan rezekinya serahkan kepada Allah swt. Karena hanya Dialah yang mengatur, menentukan, memberi atau mencabut rezeki setiap manusia besar dan kecilnya.

Namun perlu diingat bahwa setiap saat Allah memberikan rezeki itu ada 2,5 % dari apa yang diberikan adalah bukan milik kita. Yang 2,5 % itu harus dikeluarkan dalam bentuk zakat , infaq dan sedekah . 

Bila kita tidak mengeluarkannya maka kita telah memakan rezeki orang lain yaitu, fakir , miskin, anak yatim, ibnu sabil, musafir dan kaum dhuafa’ ( kaum yang lemah ). 

Dengan mengeluarkan zakat, infaq dan sedekah, maka harta benda kita bersih dari kotoran artinya ada berkahnya dari Allah  swt .  

Allah swt berfirman di dalam QS Al Mu’minuun yaitu , “ Qad afl;ahal mu’minuunal ladziina hum fii dhalaatihim khaasyi’uuna . wal ladziinahum lizzakaati faa’iluun “ 

Yang artinya , “  Berbahagialah orang – orang yang beriman ( yaitu ) orang – orang yang khusyu” di dalam shalatnya dan orang – orang yang melaksanakan ( mengeluarkan ) zakat “ 

Wahai saudaraku Allah swt memberitahukan melalui ayat ini bahwa hanya orang-orang yang beriman saja yang diberi kebahagiaan oleh Allah swt.

Orang – ortang yang beriman adalah orang – orang yang bertakwa kepadaNya , yang menjalankan perintah-Nya dan yang menjauhi larangan-Nya , dan semua itu dilakukan dengan tulus dan ikhlas karena Allah dan hanya untuk Allah swt .

Disamping itu selain dia beriman , dija juga mengeluarkan zakatnya. Dan bagi yang tidak mempercayai hal ini maka jelas akan celaka . 

Rasulullah saw bersabda, “ Man wajabat ‘alaihiz zakaatu falam yad fa’haa fahuwa finnaar “ 

Yang artinya Barangsiapa telah wajib baginya mengeluarkan zakat , maka dia tidak mengeluarkannya , maka dia akan masuk neraka “ . Al Hadist 

Wahai saudaraku ingat sekali lagi bila harta benda kita ingin bersih dan berkah, maka kita harus keluarkan zakatnya . Bila kita tidak mengeluarkannya maka 

1.       Dosa dan kesalahan kita akan semakin bertambah . QS 3 : 92  ; 2.
2.       Segala amal kebaikan kita tertolak oleh Allah QS 3 : 92 ;
3.       3 . Do’a – do’a kita tidak akan diterima oleh Allah QS 3 : 92 ; 
4.       4. Allah swt tidak akan memberikan petunjuk jalan yang benar .  QS 3 : 92. 

Wahai saudaraku sebenarnya zakat itu adalah salah satu jalan pembuka pintu rezeki.

Zakat juga bisa menjadi obat penawar hati . 

Zakat juga merupakan harfta karu akhirat .

Zakat itu bisa membantu di akhirat saat kita mengalami kesulitan .

Zakat yang telah dikeluarkan akan dibalas oleh Allah minimal 10 kali sampai tujuh ratus kali lipat . QS 2 : 261.

Bila kita akan mengeluarkan zakat ragu-ragu , takut kekurangan, berarti kita masih belum beriman kepada Allah. Kita masih belum percaya akan kekuasaan Allah . 

Allah itu sungguh Maha Kaya , Dia tidak membutuhkan apapun dari kita semua. Akan tetapi kitalah yang membutuhkanNya. 

Semoga dengan uraian ini bisa menyadfarkan kita semua dan bisa membuka mata hati kita semua yang selama ini telah tertutup .  Aaaaammin

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Wallaahu a’lam bish shawab
Barakallaahu fiikum

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...